Senin, 14 November 2022

Projek Pelajar Pancasila

Projek Pelajar Pancasila di SMP N 1 Tengaran
PROJEK PELAJAR PANCASILA


Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memuat penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila Panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila. Dokumen profil pelajar Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen dari fase PAUD hingga SMA/SMK. Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan tema dan fase tertentu.

Di SMP Negeri 1 Tengaran telah melaksanakan sebuah projek dengan

1.Relevasi Tema dan Topik Projek: Dengan mengapresiasikan pentas seni (senam  Berirama) dan literasi / pojok baca antar kelas di lingkungan sekolah dapat. Menunjukkan perilaku toleransi dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

2.Komponen Inti
a.Deskripsi Singkat Projek
   Menggali potensi peserta didik melalui bakat dan minat yang dimiliki
b.Dimensi dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila

Dimensi 1 : Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia
Elemen : Akhlak Pribadi
Sub Elemen : Integritas

Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi-konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain.

Elemen : Akhlak Bernegara
Sub Elemen : Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga
                       Negara Indonesia

Menganalisis peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara,memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.

Dimensi 2 : Berkebinekaan Global
Elemen : Mengenal dan menghargai budaya
Sub Elemen : Menumbuhkan rasa menghormati terhadap
keanekaragaman Budaya

Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Dimensi 3 : Bergotong royong
Elemen : Kolaborasi
Sub Elemen : Kerja sama

Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

c.Target Pencapaian Diakhir Fase
 Setelah mengikuti kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila peserta didik mampu mengenali potensi diri melalui bakat dan minat yang dimiliki, menghargai perbedaan dan persamaan budaya nusantara untuk mempererat persatuan bangsa Indonesia.

d.Alur Kegiatan Projek
1.Pengenalan
  •  Guru mata pelajaran yang berkolaborasi :
  • mensosialisasikan materi projek penguatan profil pelajar pancasila ( pengertian,tujuan dan manfaat kegiatan projek )
  • memperkenalkan tema projek
  • memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

2.Kontektualisasi
   Peserta didik









  • memikirkan bidang-bidang apa saja yang disukai Misalnya sains, musik, sejarah, lingkungan dan sebagainya
  • membuat daftar kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri
  • memilih salah satu profesi yang dicita-citakan

3.Editing
   Peserta didik mempraktekkan dengan kegiatan berikut :









  • Mengambil dokumentasi dengan foto atau vidio dan  mengeditnya
  • Mampu berinteraksi dengan sesama teman dalam satu tim.
  • Sadar bahwa Komputer/HP tidak hanya sekedar untuk bermain game tetapi bisa digunakan sesuatu yang berguna seperti membuat video yang menarik.
4.Penampilan Senam
   Peserta didik mempraktekkan dengan kegiatan sebagai berikut :




  • Peserta didik melakukan pagelaran senam berirama melalui grup

9 komentar:

  1. Giat berlatih dan bekerja keras

    BalasHapus
  2. Pagi pagi minum teh anget
    Minumnya bersama Bu Wijaya
    Grisata kamu keren banget
    Semangat berkarya terus ya

    BalasHapus
  3. Project IKM pertama dan berjalan dengan lancar. Semangat para Pelajar Pancasila!

    BalasHapus
  4. Terus lanjutkan dan semangat dalam menerapkan.pelajar pancasila

    BalasHapus
  5. Kegiatan project luar biasa.. Grisata yess

    BalasHapus
  6. Project IKM untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila

    BalasHapus